Melihat Material Pembuatan Domino dari Masa ke Masa - Bagian Pertama


Sejarah Domino yang sangat lampau telah menjadikannya salah satu permainan paling tua didunia permainan. Dengan tersebarnya klaim dari asal muasal permaiann ini, material yang menjadikanya juga telah datang dalam berbagai bentuk.  Domino telah diproduksi dari berbagai material sepanjang sejarah panjang mereka. Pelajari tentang berbagai metode dan zat keras yang kuat yang digunakan dalam pembuatan domino dari awal hingga hari ini. Berikut ini adalah daftar bahan manufaktur domino dan deskripsi sejarah mereka, dimulai dengan yang paling awal digunakan dari awal kemunculan domino hingga bahan dan metode modern terbaru yang digunakan saat ini.

 Abad ke-12

Domino Cina pertama yang dibuat pada abad ke-12 diukir tangan dari tulang hewan, biasanya tulang sapi, dan disebut "Gwat Pai" (骨牌 berarti "ubin tulang") di China Utara atau "Goo Pai" di lebih luas Dialek Mandarin. Beberapa set dominoqq Cina, dibuat untuk pemain yang lebih kaya dan lebih cerdas, terbuat dari Gading dan dikenal sebagai "Ngaa Pai" (牙牌 berarti "gading gading") di Utara atau "Ya Pai" dalam bahasa Mandarin.

Abad ke 18

Domino Barat pertama yang muncul di Eropa pada abad ke-18 awalnya terbuat dari tulang binatang (dan, sekali lagi, kadang-kadang dari gading untuk para pemain yang kaya), maka istilah slang untuk potongan domino: "tulang." Bintik-bintik hitam dibuat dengan mengebor lubang yang dangkal ke dalam tulang yang kemudian dilapisi dengan potongan-potongan kayu ebony tipis.

Domino pertama yang muncul di Inggris dibuat oleh tawanan perang Prancis yang dipercaya membuat mereka dari tulang domba dan sapi yang tersisa dari ransum mereka, dan kemudian menjualnya untuk melengkapi tunjangan hidup mereka. Kemudian, set lain dibuat oleh pelaut untuk menghabiskan waktu saat perjalanan panjang.

Apa yang disebut "gading sayuran", terbuat dari Kacang Tagua, yang dikenal sebagai "kacang gading", telah digunakan selama lebih dari dua ratus tahun oleh para pengrajin untuk membuat dadu, dominoqq, dan bidak catur. "Kacang gading" sangat keras dan dan memiliki struktur, warna, dan butirannya mirip dengan gading mamalia, meskipun sedikit lebih lunak.